Get this widget!

11/21/2014 08:01:00 PM
0
Albert Einstein (1879 – 1955)
 
Tokoh fisika yang cukup fenomenal ini dilahirkan di Ulm, Kerajaan Jerman, pada 14 Maret 1879. Einstein diakui sebagai seorang ahli fisika terbesar dalam
abad 20. Melalui teori relativitasnya, Einstein telah memberi kontribusi besar bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Untuk prestasi ini, dia mendapat Anugerah Nobel bidang Fisika pada 1921. Penghargaan ini diberika padanya untuk uraian detail tentang efek fotolistrik dan dedikasinya pada Fisika Teoritis.

Rumusan teori relativitas akhirnya menjadikan Einstein sebagai ilmuwan paling dikenal di seluruh dunia. Popularitas dan pengakuan dunia terhadap penemuan-penemuannya sangat luar biasa, dan tidak lazim didapat oleh seorang ilmuwan. Popularitas Einstein, melebihi popularitas ilmuwan lain manapun dan pada masa kapanpun.

Einstein selanjutnya dianggap sebagai mitos yang identik dengan kecerdasan dan kejeniusan. Potret wajahnya dengan rambut awut-awutan dan rumus terkenalnya  “E=mc²”,  banyak disablon pada kaos-kaos. Fenomena ini makin menjadikan Einstein sebagai satu-satunya ilmuwan yang jadi ikon dari budaya popular, sebab tidak ada ilmuwan lain yang mendapat pengakuan seperti ini dari masyarakat dunia.

Prestasi dan popularitas Einstein menginspirasi majalah TIME untuk menjadikan dia sebagai “Tokoh Abad Ini” pada 1999. Untuk menghormatinya, nama “Einstein” dijadikan sebagai nilai satuan dalam bidang ilmu fotokimia. Bahkan sebuah unsur kimia baru juga dinamai dengan “einsteinium”. Begitu juga dengan penemuan asteroid baru yang juga dinamai dengan namanya, “asteroid 2001 einstein”.

Keempat orang di atas adalah tokoh-tokoh fisika dunia yang paling legendaris dan  memiliki kontribusi besar bagi perkembangan peradaban umat manusia. Banyak kemajuan yang bisa diraih berkat jasa-jasa dan dedikasi mereka terhadap ilmu pengetahuan. Misalnya penemuan listrik yang memungkinkan orang untuk dapat menciptakan peralatan-peralatan lain yang bisa memudahkan dan menyamankan hidup manusia.

Selain itu, pandangan heliosentris dari Copernicus yang berhasil membuat ajaran agama tentang tatasurya porak poranda, pada akhirnya sanggup membuka wawasan kita. Berkat teori ini, perkembangan astronomi semakin pesat, hingga misi penjelajahan ke ruang angkasa jadi semakin mungkin. Zaman memang selalu maju kedepan, namun sejarah selalu mencatat suatu hal penting yang telah lampau, termasuk catatan mengenai tokoh-tokoh fisika ini.

Bercermin dari dedikasi tokoh-tokoh fisika ini terhadap disiplin ilmu yang digelutinya, menunjukkan suatu kekuatan luar biasa yang mereka punya. Kekuatan itu merupakan manifestasi dari sikap besar tokoh-tokoh ini untuk tidak cepat putus asa karena gagalnya suatu eksperimen, tahan terhadap cemoohan, termasuk pula tidak takut dalam menghadapi tentangan dan ancaman

Newer Post
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Post a Comment