Get this widget!

11/21/2014 08:13:00 PM
0
Thomas Alva Edison (1847 – 1934)

Selanjutknya yang merupakan salah satu tokoh tokoh fisika dunia adalah Thomas Alva Edison. Tokoh fisika ini dilahirkan di Ohio, Amerika Serikat pada 11 Februari 1847. Semasa bocah, Edison dikenal sebagai si dungu. Kedunguannya inilah yang menyebabkan dia harus keluar dari sekolah, karena guru-gurunya tidak sanggup mengajar dia. Selanjutnya Edison belajar dibawah bimbingan ibunya di rumah. 

Dengan belajar di rumah, kesempatan Edison untuk mengetahui hal-hal yang diinginkannya jadi semakin luas. Edison jadi lebih leluasa untuk dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa. Dia juga mulai melakukan berbagai percobaan ilmiah sendiri.

Ketika berumur dua belas tahun, Edison bekerja sebagai penjual buah-buahan, permen dan koran di kereta api. Selanjutnya dia diangkat sebagai operator mesin telegraf. Ketika pindah ke New York, Edison mendapat pekerjaan sebagai kepala mesin telegraf yang penting. Dalam kapasitasnya yang seperti ini, Edison memiliki tanggung jawab untuk mengirimkan berbagai berita bisnis ke semua perusahaan papan atas di New York, melalui mesin telegraf.

Edison tidak lagi boleh dipanggil sebagai orang dungu, sebab pada 1870 dia berhasil menemukan mesin telegraf yang jauh lebih canggih daripada mesin telegraf yang ada waktu itu. Mesin buatan Edison ini sanggup mencetak pesan di atas pita kertas yang panjang. Penemuannya ini membuatnya kaya. Dengan uang yang terus mengalir deras, akhirnya Edison mampu untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Pada 1874 Edison memutuskan untuk pindah ke Menlo Park di New Jersey. Di tempat ini Edison mendirikan sebuah bengkel ilmiah yang cukup besar, bengkel ilmiah pertama di dunia. Melalui bengkel ilmiahnya itu, Edison mulai berhasil membuat banyak penemuan penting. Diantaranya adalah Gramafon yang ditemukannya tahun 1877. Dua tahun kemudian, dia berhasil menemukan lampu listrik dan proyektor untuk memutar film.

Berkat jasa Edison inilah jalanan sepanjang satu kilometer di kota New York jadi benderang, karena dipasangi lampu listrik olehnya pada tahun 1882. Apa yang dilakukan Edison ini adalah babakan yang mengawali penggunaan lampu listrik sebagai penerangan jalan di dunia. 

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu yang sangat produktif. Setidaknya dia memiliki 1.093 hak paten atas namanya, untuk berbagai produk yang ditemukannya. Selanjutnya dia mendirikan perusahaan yang lebih professional, yaitu General Electric, pada 1890. Hebatnya, perusahaan ini masih eksis hingga sekarang. 

0 komentar:

Post a Comment