Get this widget!

12/16/2014 03:00:00 AM
1


Warna Pelangi pada Gelembung Sabun


Pernahkah kalian melihat gelembung sabun yang tampaknya berwarna-warni ? 
Nah..warna pada gelembung sabun bukan disebabkan oleh pembiasan. Tetapi terjadi karena interferensi konstruktif dan destruktif dari sinar yang dipantulkan oleh suatu lapisan tipis. Adanya gejala interferensi ini bukti yang paling meyakinkan bahwa cahaya itu adalah gelombang. Warna-warni terbentuk karena adanya interferensi gelombang cahaya yang memasuki lapisan tipis sabun.
Karena cahaya putih seperti sinar matahari memiliki banyak panjang gelombang maka sinar yang masuk ke dalam lapisan sabun dan yang dipantulkan oleh lapisan sabun itu juga akan mengalami pembiasan dan pemantulan yang tidak sama karena masing-masing panjang gelombang memiliki indeks bias sendiri-sendiri. Lintasan yang dilalui masing-masing gelombang tidak sama. Sinar putih ini mengalami dispersi atau penguraian warna dan terbentuklah cahaya berwarna-warni. Gelembung sabun tampak berwarna-warni, mengapa ? 


Karena cahaya yang jatuh ke gelembung sabun dipantulkan dan dibiaskan secara tidak merata. Hal ini disebabkan indeks bias yang berbeda di tiap titik gelembung dan karena tidak samanya ketebalan gelembung sabun.

Nah,,, apa yang dimaksud dengan interferensi cahaya ? Interferensi cahaya merupakan interaksi dua atau lebih gelombang cahaya yang menghasilkan suatu radiasi yang menyimpang dari jumlah masing-masing komponen radiasi gelombangnya. Interferensi cahaya menghasilkan suatu pola interferensi (terang-gelap).    
 Dua berkas cahaya disebut kohern jika kedua cahaya itu mempunyai beda fase tetap. Interferensi destruktif (saling melemahkan) terjadi jika kedua gelombang cahaya berbeda fase 180°. Sedangkan interferensi konstruktif (saling menguatkan) terjadi jika kedua gelombang cahaya sefase atau beda fasenya nol. Interferensi destruktif maupun interferensi konstruktif dapat diamati pada pola interferensi yang terjadi. Pola interferensi dua cahaya diselidiki oleh Fresnel dan Young. Fresnel melakukan percobaan interferensi dengan menggunakan rangkaian dua cermin datar untuk menghasilkan dua sumber cahaya kohern dan sebuah sumber cahaya di depan cermin. Young menggunakan celah ganda untuk menghasilkan dua sumber cahaya kohern.

1 komentar:

  1. tulisan fisikaku yang muter-muter mungkin bisa dihilangkan :) walaupun sebenernya lucu tapi ganggu, hehehehe

    ReplyDelete