Get this widget!

12/17/2014 07:58:00 AM
0


Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai kejadian unik. Pernahkah kalian melihat
tempelan-tempelan yang beranekaragam bentuk dapat menempel di lemari es. Nah, ketika tempelan yang terbuat dari magnet ini di dekatkan pada lemari es, tempelan ini akan menempel di pintu lemari es tersebut. Yang menjadi pertanyaan yang aneh dan mungkin banyak juga yang belum tahu yaitu siapa yang menarik siapa?? Apakah lemari es yang menarik tempelan atau tempelan yang menarik lemari es?? hehe... Pertanyaan yang sangat konyol dan membingungkan, Sebelum menjawab pertanyaan ini, marilah kita ulas sedikit mengenai magnet.


Sebenarnya magnet itu makhluk apa ya???
Magnet yang berasal dari bahasa Yunani yaitu magnitis lithos yang berarti batu Magnesian. Magnet sendiri merupakan suatu objek yang mempunyai medan magnet. Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Apabila kutub-kutub yang sejenis didekatkan maka akan tolak-menolak dan apabila tidak senama akan tarik menarik.  Dari sifat magnet ini dapat disimpulkan bahwa magnet hanya bisa menarik magnet lain yang memiliki kutub yang tak senama. Jadi,jika dikaitkan dengan pertanyaan siapa yang menarik siapa jelaslah bukan lemari es menarik tempelan atau sebaliknya. Karena yang sebenarnya yaitu magnet menarik magnet. Kenapa bisa begitu? Padahal kita ketahui bahwa lemari es bukan magnet melainkan besi. Tapi ingatkah kalian bahwa bahan-bahan tertentu bisa dijadikan magnet walaupun hanya bersifat sementara?? Cara membuat magnet dari bahan-bahan magnetik yaitu bahan yang mudah dibuat ke dalam magnet ada 3 cara, salah satu contohnya yaitu:
1. Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
Besi yang semula tidak bersifat magnet, dapat dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

0 komentar:

Post a Comment